Potensi Pendapatan Agen Asuransi

pendapatan agen asuransi“Apa benar agen asuransi itu memiliki pendapatan per bulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan kantoran atau bahkan manajer perusahaan?” Ini adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh kebanyakan orang tentang pendapatan agen asuransi yang katanya cukup tinggi. Sebenarnya, informasi ini memang benar adanya karena setiap bulannya, income yang didapat oleh agen asuransi bisa mencapai 5 juta rupiah. Belum lagi bila ditambah gaji pokok dari perusahaan, tentu bisa mencapai 7 juta rupiah lebih per bulan.

Kok bisa seperti itu ya? Jelas saja bisa karena agen asuransi mendapatkan income per bulan berdasarkan premi nasabahnya. Lalu, bagaimana dengan pendapatan orang-orang di atas agen asuransi? Tentu saja, mereka memiliki potensi pendatan yang wah setiap bulannya. Untuk mengetahui rinciannya, simak informasinya di bawah ini:

Agent

Agent adalah tingkatan pertama dari seorang yang menjalani profesi ini. Target pendapatan premium per tahun (Annual Premium Income/API) dari seorang agen adalah 150 juta. Ini artinya bahwa agen harus memiliki cukup banyak nasabah untuk mencapai target tersebut. Misalnya, jika satu nasabah membayar total premi per tahun 6 juta rupiah yang dialokasikan 4 juta untuk proteksi dan 2 juta untuk investasi, nilai API dari nasabah adalah 4 juta. Agen akan mendapatkan 30% komisi dan 12% bonus yang kemudian dikali dengan target API yang dia peroleh. Contoh, API agen 150 juta, maka income per tahunnya adalah 42% x 150 juta = 63 juta per tahun ataun 5,25 juta per bulan.

Associate Unit Manager

Untuk mencapai posisi ini, seorang agen harus memiliki minimal API sebesar 150 juta, 4 agen dengan masing-masing memiliki 30 juta API, dan total API Grup (API pribadi + API agen) minimal 300 juta. Pendapatan untuk AUM sendiri mencapai 10 juta rupiah per bulan.

Unit Manager

Unit Manager adalah posisi yang cukup menjanjikan karena bisa diibaratkan bahwa Anda sedang menjalankan bisnis kecil sendiri. Target API minimal seorang UM adalah 150 juta. UM juga harus memiliki minimal 6 agen yang API-nya mencapai 30 juta per agen, 2 AUM dengan masing-masing API minimal sebesar 300 juta, dan total API grup sebesar 900 juta.  Apabila berhasil memenuhi hal ini, besar pendapatan seorang UM per bulan sekitar 20 juta rupiah.

Senior Unit Manager

Posisi di atas UM ini tentu saja memiliki income yang lebih tinggi. Idealnya, seorang senior unit manager bisa mendapatkan income senilai 40 juta rupiah per bulan. Adapun API pribadi yang harus dimiliki minimal 150 juta, 2 AM dengan masing-masing 900 juta API, 2 AUM dengan API minimal sebesar 300 juta, minimal 6 agen dengan nilai API masing-masing adalah 30 juta, dan total grup API sebesar 2,7 milyar rupiah.

Agency Manager

Untuk agensi manager sendiri pendapatannya mencapai 100 juta rupiah per bulan. Tentu harus ada agen, AUM, AM, dan SUM di bawahnya dengan total API mencapai 1 milyar lebih. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mencapai posisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>